Sharing Time : BAHAS HALLYU ( NEGERI IMPIAN)



Assalamu 'alaikum temen-temen
Ini Artikel lanjutan dari Chepter sebelumnya : Islam dan Korea

Ngomong-ngomong ini adalah salah satu tulisan yang saya/'Penulis' suka, Kenapa ? karena isi dari tulisan ini yang membuat 'Penulis' terbuka dan mulai menyukai Korea Selatan (dari segi kehebatan dan keseriusan mereka dalam hal Pengembangan SDA/SDM, Ekspor Budaya dan Karyanya). 

Bahkan sempet mikir, Negara kita mampu niru ngga ya? 😂 

Kenapa bisa begitu ?  Pokok nya Simak aja yuk!

Sebelum itu....
Jika temen-temen di tanya atau di suruh memilih lagu apa yang paling enak/film Korea apa yang seru/Drakor apa yang susah dilupain atau sangat berkesan. Temen-temen dijamin bakalan susah jawab, Kenapa ? Yaa... Karena bingung. toh semuanya bagus, semua enak, semuanya berkesan dan luar biasa!. Kan ?

Yah itulah salah satu kehebatan Korea Selatan dalam karya dan budayanya. SUPER KEREN!!!

Tapi temen-temen merasa ga sih kalo mereka itu Gampang masuknya (kita gampang suka, doyan, nyaman ena tenan dah) tapi juga susah Keluarnya (dilupain). Bahkan mikirnya "Ya untuk apa juga dilupain/ditinggalin.... toh bae-bae sajahhh?"  ya ga?

Itulah Hallyu... 

HALLYU ADALAH ("Gelombang Korea") adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia sejak tahun 1990-an. Wikipedia
tapi secara Umum hallyu adalah merabahnya budaya Korea keseluruh Dunia.

So... setelah kita dibuat tergila-gila oleh Hallyu, pernah kepikiran gasih kenapa mereka bisa begitu luar biasa? begitu Powerfull, begitu Hype dan tak tertandingi, begitu uwoow lah 😎

Jawabannya adalah karena mereka sungguh-sungguh atau super serius dalam kerjanya.

Kerja yang ngga sungguh-sungguh gamungkin kan hasil nya seluarbiasa ini ? sooo... ini tidak kebetulan. ga ada kamus kebetulan viral di sana tuh gada!!. semuanya Konsep!

Semuanya bener-bener di konsep secara professional, dipikirkan dengan sangat matang untuk di sajikan menjadi sebuah hidangan yang luar biasa mengesankan.

bahkan jauh-jauh hari President Korea pernah bilang.

— Kim Gu, Baekbeomilji (excerpt from March 1st, 1948)



... I want our nation to be the most beautiful in the world. By this I do not mean the most powerful nation. Because I have felt the pain of being invaded by another nation, I do not want my nation to invade others. It is sufficient that our wealth makes our lives abundant; it is sufficient that our strength is able to prevent foreign invasions. The only thing that I desire in infinite quantity is the power of a noble culture. This is because the power of culture both makes us happy and gives happiness to others....
Atau yang artinya :
" ... Saya ingin bangsa kita menjadi yang paling indah di dunia. Dengan ini saya tidak bermaksud bangsa yang paling kuat. Karena saya merasakan sakitnya diserang oleh bangsa lain, saya tidak ingin bangsa saya menyerbu orang lain. Cukuplah bahwa kekayaan kita membuat hidup kita berlimpah; sudah cukup bahwa kekuatan kita mampu mencegah invasi asing. Satu-satunya hal yang saya inginkan dalam jumlah tak terbatas adalah kekuatan budaya yang mulia. Ini karena kekuatan budaya baik membuat kita bahagia dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain ...."

- Kim Gu, Baekbeomilji (kutipan dari 1 Maret 1948)



Jadi Korea itu dulu sempet terjajah dan merasakan hal yang mengerikan selama di jajah, hingga akhirnya dia bangkit dengan caranya sendiri.

Bahkan Korea Selatan itu sempat menjadi salah satu negara termiskin di dunia (1960). Namun kini Korea Selatan menjadi negara Terkaya di Dunia nomor 4 jika kita lihat dari pendapatan rata-rata perkapita, yaitu $ 27.700 pada tahun 2009.  Apalagi sekarang!

Korea Selatan memulai dengan industri-industri yang membuatnya kembali terpandang, Korea Selatan berhasil di beberapa Industri seperti Industri baja dan besi, elektroniknya, Kimia nya dan masih banyak lagi. Pokoknya keren!

Dan hasilnya Korea Selatan terkenal sebagai Negara maju dan super berhasil, bahkan Korea Selatan terkenal sebagai rajanya ; Akses Internet Tercepat di Dunia, Telepon genggam yang ngga pernah nyerah untuk bersaing di pasar global (SAMSUNG) , Elektronik lainnya Seperti LG dll.

Tidak sampai di situ, untuk pengembangan Budaya pemerintah ngga muluk-muluk memberi dukungan dengan jumlah besar untuk mendorong hampir semua Universitas yang ada di Korea Selatan untuk membuka banyak-banyak jurusan Industri kebudayaan. Pemerintah menyiapkan segalanya, kebutuhan, alat-alat dan apapun itu untuk membantu mengembangkan Industri kebudayaan di negara tersebut.

So..... Andil Pemerintah Korea Selatan Super Ciamik!!

Korea yang dulu nya jarang/hampir ngga ada jurusan kebudayaan, kini Unversitas disana menghadirkan hampir 300-an Jurusan Industri Kebudayaan. Mantapss!!! Seserius itu mereka dalam pengembangannya!

Belum lagi mulai banyaknya audisi-audisi, pengembangan bakat, tumbuhnya agency-agency yang melatih dan mengeluarkan bakat-bakat yang hebat.

Seperti yang kita tahu, BTS dari Big Hit Entertaiment, Black Pink dari YG Entertaiment, Shine dan Suju (Super Junior) dari S.M Entertaiment dan masih banyak lagi, agency-agency hebat yang melahirkan bakat-bakat yang hebat juga.


Mungkin temen-temen Kpopers lebih tau, berapa banyak sih penghargaan yang di berikan dunia kepada Idol-idol Korea ? 
Buanyak BANGET !!!

BTS, sedunia tau mereka, Black Pink ? ya sama aja... terkenal luar biasa 

Korea yang dulunya menjadi negara termiskin dunia sekarang melebarkan keindahan sayap nya menuju penjuru dunia. Mebius seluruh pasang mata manusia.

Membuat kita mengenal Mereka.

Usaha mereka Menjadikan mereka sebagai negara yang luar biasa maju di mata Dunia!

Film nya ? Jangan tanya! Mereka seolah raja dalam hal ini !

Drakornya ? Siapa sih yang ga tau! banyak banget peminatnya!!! Gila!

1999,KDrama mulai di putar di China

2001, Album Shinwa sukses di pasaran Asia.



2002 Drama KBS "Winter Sonata" menjadi drama Korea pertaama yang berhasil menyaingi kesuksesan drama meteor garden. Bahkan perdana menteri jepang saat itu menyebutkan Junichiro Koizumi , menyebutkan bahhwa "Aktor Winter Sonata lebih terkenal di jepang di banding dirinya." 

Keren ya ???

2003, Boyband TVXQ debut, Drama berjudul Dae Jang Geum booming di pasar ASIA.

2004, Drama Full House Booming di Asia


2005, SUJU awal debut... terus SUJU (Super Junior) lagi gila-gilanya. kan?
Jakarta



Singapura


di Arab

dan masih banyak lagi :V

2006, Turis Asing yang mengunjungi Nami Islan(tempat Syuting Winter Sonata) mencapai 270.000 pengunjung dalam setahun.

2007, Tahun ini disebut sebagai masa Hallyu 2.0 yang di tandai munculnya peraturan pemerintah terakait Hallyu. Hal ini sebagai sikap dari besarnya investasi asing yang masuk ke Korea Selatan akibat Hallyu. Pemerintah juga mulai memperkenalkan  "Creative Content Industri" dengan mengutamakan KPOP dan Games sebagai komoditi Ekspor.

2009, SM, YG, JYP berhasil membangun kerja sama dengan Youtube sehingga kemungkinan Viralnya Konten-konten Kpop di Youtube dalam bentuk parodi, dance cover, cover lagu, dan bentuk lainnya.

2011, KementriaN Kebudayaan dan Pariwisata Korea selatan merilis data, terdapat 3,3 Juta member Fandom Kpop diseluruh dunia dan 90% adalah Wanita.

2012, Lagu Gangnam Style viral dan KCON Concert di adakan pertama kali di california, USA.

2013, Samsung menggeser popularitas iPhone dan berbagai merek Ponsel lainnya di China.


di tahun yang sama, Tercatat Total Idol grup yang telah aktif sebanyak 244 Group.
(Baru S.M, Belum yang lain)

2014, Penyanyi CL dari Group 2NE1 melakukan solo debut di USA.
KTO (Korean Tourism Organisation) meluncurkan kampanye pariwisata yang bertema "Imagine Your Korea" dengan menjadikan hiburan sebagai daya tariknya.

2016, Forbes memuat berita bahwa penghasilan BIGBANG lebih banyak daripada penyanyi dengan bayaran tertinggi di USA saat itu, yaitu Maroon 5.



2016, Korean Skincare seperti innisfree, Laneige dan Etude Houes meraih Peringkat 2 besar di asia Pasifik.

di tahun yang sama Turis asing di Korea selatan mencapai angka 1.389.999 perbulan. Meningkat 3x Lipat di banding pengunjung pada tahun 1996.

2017, BTS menjadi Boyband Kpop pertama yang tampil dan menang di Billboard Music Awards (BBMAs)

2018, BTS mendapat kesempatan Untuk menjadi Pembicara di sidang ke 73 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Korea selatan sangat luar biasa hari ini. Mereka sempet terpuruk, tapi sekarang ? Mereka sangat terlihat hebat dan gagah kan ?


Dari kebudayaan ini Korea lebih di kenal Dunia, Lewat musik, Film, dan Drama TV nya.... 

Keberhasilan mereka membuat kita tergila, membuat kita merasa keren jika tau tentang mereka, membuat kita ingin selalu mengikuti trend mereka, gamau ketinggalan tentang mereka, meniru gaya dan langkah mereka, membuat kita hanyut dan bener-bener mabuk kepayang kepada Mereka. MEREKA SANGAT LUAR BIASA.

Keberhasilan Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya melalui drama TV memberikan kontribusi terhadap pemasukan negara yang tidak selalu harus bergantung pada sektor migas.

Gimana Sudah mulai terkesima dan Suka Korea ? Hehe

Tapi............. sikap kita seharusnya bagaimana ? apakah kita akan terus menjadi penikmat ? apakah kita akan terus terkesima dengan apa yang mereka buat ? apakah kita akan menerima dan memakan semua apa yang mereka sajikan ?

Mereka begitu niat dan sungguh-sungguh dalam mencapai keberhasilan, dalam memperluas penyebaran budayanya, karyanya, kehebatannya.

Bagaimana dengan kita,

yaaa... Kita yang Muslim ini.

Apa serius mau mengikuti mereka ? meniru semunya dari mereka ? hanya mengagung-agungkan mereka ?

Ngga kan ?

Mereka hebat dengan kerja kerasnya, walaupun tidak semua dari mereka itu dapat bertahan dari kerasnya sebuah usaha.

Korea itu sempat menjadi salah satu negara yang sering terjadi kasus bunuh diri, bahkan tercatat  menurut WHO Korea Selatan berada dalam peringkat ke 10 Kasus Bunuh diri tertinggi Di dunia. Pada tahun 2012, Bunuh diri menjadi sebab kematian tertinggi ke empat di Korea Selatan.

Pada 2005 lalu, Aktris Le Eun-Ju , bintang film hit yang meliputi Taeguki dan Secret Letter, meninggal akibat bunuh diri.

Pengusaha Kontruksi Sung Wan-jong Meninggal bunuh diri pada April 2015.

Daul Kim bunuh diri pada 19 November 2019 di Paris.
Mantan Presiden Roh Moo-Hyun meninggal akibat bunuh diri pada 3 Mei 2009


Artis U;Nee ditemukan gantung diri pada tahun 2007 dalam usianya yang baru 25 Tahun.

bahkan di mopo, soul. Ada jembatan yang menjadi favorit tempat bunuh diri lho.




Mungkin dalam segi usahanya mereka luar biasa, tapi dalam ke sabaran ? Itu perlu Iman.

Mereka tidak begitu punya tujuan selain mendapatkan Dunia saja. Bagaimana dengan kita, yang mungkin setiap tindakan selalu dalam pengawasan dan perhitungan Akhirat, Selalu memikirkan Akhirat, memikirkan konsep Agama, memilih antara yang baik dan tidak, antara yang boleh dan tidak. Bagaimana dengan kita yang punya aturan, bahkan kita yakin aturan itu datang dari pada pencipta Langit dan Bumi.

Bagaimana dengan kita seorang muslim, yang 'katanya' dekat dengan Tuhannya, yang hanya Islam kan yang Allah Ridhoi ? harus nya bisa lebih luar biasa dari mereka semua. Tapi apa yang terjadi ?

Kita terbuai oleh mereka
kita tak bisa melihat kita,
kita tak tau siapa kita,
kita terlena,

karena memang benar mereka itu begitu hebat dan luar biasa.

Yang membuat kita Hanya menjadi PENGIKUT mereka.

Bersambung.... Bahas Hallyu : Suka, tapi ibadah tetep Jalan

1 comment:

  1. 8XBET | Sports Betting & Casino | Win Big
    ‎Mobile Betting & Casino · fun88 soikeotot ‎Cashout 1XBET · 카지노사이트 ‎How to Bet · ‎Live Casino · ‎Sports Betting

    ReplyDelete