TERKADANG ALLAH MEMERINTAHKAN SESUATU YANG TIDAK BISA DIREALISASIKAN KECUALI DENGAN PERSATUAN


Terkadang Allah memerintahkan sesuatu yang tidak bisa di'Realisasikan' kecuali dengan persatuan


Allah Ta'ala berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. sebab itu damaikanlah (Perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat Rahmat." (QS. Al-Hujaraat : 10)

Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman :

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ

"Oleh sebab itu bertaqwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu." (QS. Al- Anfal : 1 )

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Janganlah saling membenci, jangan saling hasad/dengki, jangan saling berpaling dan jadilah kamu selakalian sebagai hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal seorang muslim menjauhi saudaranya lebih dari tiga(3) hari". (HR. Imam Ahmad)

Dalil-dalil di atas memerintahkan umat Islam agar meningkatkan rasa cinta antar mereka dan melarang hal-hal yang bisa mengakibatkan permusuhan, Allah SWT menyuruh secara jelas untuk Ber-Ukhwwah. Dan mereka tidak mungkin ber-Ukhwwah kecuali bila bersatu. Karena ukhwwah adalah lawan perpecahan dan perselisihan.

 Al Qurthubi berkata : "Sesungguhnya Allah SWT memerintahkan kita bersatu dan melarang berpecah belah karena perpecahan adalah kehancuran dan berjama'ah adalah keselamatan"

At Tharbari meriwayatkan ucapan dari Abdullah bin Mas'ud RA : Bahwa ia berkata :
"Tali Allah adalah berjama'ah"

DAlam kitab Shahih Muslim disebutkan sebuah Hadist dari abu Hurairah RA bahwa ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :

"Sesungguhnya Allah Ta'ala meridhai bagi kamu tiga hal, dan membenci tiga hal: Allah meridhai bagi kamu untuk menyembah-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, dan berperang teguh dengan  tali Allah secara bersama-sama dan tidak bercerai-berai. Allah membenci untuk mengucapkan semua yang dikatakan orang, kebanyakan bertanya dan membuang-buang harta."

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al Anfaal : 46)

No comments