Dosa-Dosa Yang Sering Tidak Disadari Kaum Wanita : Kesalahan Yang Berhubugan Dengan Rukun-rukun Islam


Judul : Dosa-Dosa Yang Sering Tidak Disadari Kaum Wanita
Karya : Syaikh Abdullah bin Abdurahman Al-Jibrin

Bab. Kesalahan yang berhubungan dengan rukun-rukun Islam

1. Mengakhirkan shalat dari waktunya
Khususnya ketika berpergian atau begadang atau terlambat tidur yang biasanya akan membuat seseorang terlambat melaksanakan Shalat Subuh sampai Mataahari terbit, dan ini adalah di antara sifat orang-orang munafik. 
Rasulullah Shalallahu alaihi wa Salam bersabda :
" Apabila seorang perempuan telah melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan puasa bulan Ramdhannya, menjaga kesuciannya, pasti dikatakan untuknya nanti, 'Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu-pintu surga mana saja yang engkau mau'." (Disahihkan oleh Al-Bani dalam Shahih al-jami',660)
Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam juga bersabda :
"Telah datang kepada ku- pada malam hari dua malaikat (Utusan dari Tuhanku). Mereka berdua mengajakku, mereka berkata kepadakku, 'Bangkitlah! Berangkatah!' maka akupun berangkat bersama mereka berdua. kemudian kami mendatangi (Suatu tepat yang dimana ada) seorng pria yang tidur dengan berbaring dan ada pria lain lagi yang berdiri di sampingnya sambil memegang batu besar. Tiba-tiba pria tersebut codong dengan memegang batu itu ke arah kepalanya lalu menghantam kepalanya, sehingga batu itu menggelinding kesana kemari. Dan pria (yang berdiri) itu mengikuti batu tersebut dan mengambilnya. Dan dia belumlah kembali kepadanya (orang yang pecah kepalanya) sehingga kepala orang tersebut kembali seperti semula. (Bila sudah kembali ke asal), orang tadi kembali mendatanginya sehingga melakukan hal seperti pada kali pertama. (Lalu Nabi Shalallahu Alaihi wa Salam berkata), Aku bertanya kepada mereka berdua (Malaikat), SubhanaAllah (Maha Suci Allah),apa ini ?' Mereka menjawabku, 'Kami akan memberi tahumu. Adapun pria pertama yang ketika kamu datang kepadanya (lalu) kepalanya di hancurkan dengan batu , dia adalah orang yang mengambil (Mengetahui, Pent.) Al-Qur;an lalu dia menolaknya dan dia tidur sampai tidak melaksanakan Shalat wajib." (Diriwayatkan Oleh Al- Bukhari) 

2. Wanita yang tidak mengQadha '(mengganti shalat yang sudah masuk waktunya namun belum dilaksanakan karena keluar darah haid atau nifasnya. Padahal, Seharusnya dia wajib menggantinya langsung setelah suci dari haid atau Nifas.

3. Membiarkan suami dan anak-anaknyya tidak melaksanakan Shalat dan tidak menasehati mereka

4. Tidak memperhatikan pengeluaran zakat mal (Harta) dan perhiasan yang dimilikinya, padahal sudah sampai haulnya (satu tahun) dan Nishabnya. Allah Ta'ala berfirman, 

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu". (Q.s At-Taubah 34-35)
5. Tidak perhatian terhadap masa baligh putra-putrinya dan terhadap kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan mereka saat itu. Dimana kita lihat ada anak-anak putri yang sudah baligh dan mendapatkan haid, tetapi sang ibu tidak memerintahkan untuk shalat, puasa, memakai jilbab dan kewajiban-kewajiba lainnya.

6. Mengkhususkan warna tertentu untuk kain Ihram haji atau umrah, Seperti warna hijau dan lain sebagainya. Begitu pula mengeakan niqab (Cadar penutup wajah) dan sarung tangan di saat ihram. Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam bersabda, 
"Seorang wanita berihram tidak boleh mengenakan cadar dan dua sarung tangan." (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, no 1838). 

No comments