Sharing Time : KENAPA SELALU DIPERMASALAHKAN



Kenapa Selalu Dipermasalahkan ?
Artikel Ini lanjutan dari Chapter 8 K-POP dan LGBT

Disini mungkin kita akan bicara hipotesa.

Bismillah kita mulai.

Jika di tanya kenapa selalu menjadi sorotan, entah itu di cibir, di nyir-nyirin atau di hina mungkin penulis sendiri tidak tau betul apa penyebabnya, mungkin memang ada pihak yang tidak menyukai dengan apa yang dilakukan oleh pecinta Korean/Korean Wavers/K-wavers (sebut aja begitu 👴). Itu bisa jadi sih.

Tapi kenapa masalah Korean Wave ini bisa menjadi polemik di kalangan anak muda dan bahkan di bawa keranah dakwah. Mungkin penyebabnya ada beberapa.

Pertama, bisa jadi memang ada banyak hal yang mengganjal yang memang benar-benar terlihat di depan mata, hingga akhirnya beberapa para pendakwah membawa masalah ini ke ranah Kajian, atau di kaji lebih dalam.

Kedua, ya mungkin semua ini bentuk dari antisipasi dalam menjaga budaya asing masuk ke kita. Jadi lebih kayak ke Filterasi gitu. Kayaknya 👀

Ketiga, ini menarik.
"Karena Pecinta Korea Yang Hijrah"

Bukan tanpa alasan, awal mula kenapa sekarang ada pengajian yang mengangkat masalah tentang 'korean wave'. Ini adalah bentuk dari kesadaran umat muslim terhadap Hallyu/Gelombang Korea yang luar biasa marak dan membius para anak muda. Terutama Para pemuda/di muslim.

Jadi semua bentuk dakwah ini bukanlah berasal dari kebencian melainkan dari tumbuhnya kesadaran, bisa di bilang setiap pembahasan adalah supaya membuat kita lebih pintar dalam bersikap dan bijak dalam memfilterasi gelombang/globalisasi dari luar. Ini pentingkan ?

Tentang pecinta Korea yang hijrah, ini juga menjadi salah satu alasan kenapa penulis berkenan untuk membuat artikel tentang K-wavers ini. Selain menarik, ini juga sangat intens di kalangan anak muda. So ga ada salahnya kan kalo di bahas ?

Kenapa Selalu di permalahkan, kenapa selalu Korea ? apa bedanya dengan yang lain ?

Sebenarnya ini bukan untuk membeda-bedakan, mencari celah dan kesalahan, bukan untuk membuat pemisah antara yang Suka (Pecinta) dan yang bukan, kita ga nyoba membuat sekat tentang itu, terutama kita sesama muslim.

Tapi ada hal yang harus di sepakati juga, bahwa dalam Islam memang ada konsep yang mengatur tentang ini semua, atau lebih di kenal dengan (Al-Wala' - Wa Bara'), tentang aturan loyalitas kepada selain muslim, tentang suka-menyukai sesama manusia. Kita harus sepakat bahwa memang ada aturan itu di Islam.

Kita sepakatkan bahwa di Islam ada aturan itu ?

Tinggal kitanya, Mau ikuti atau ngga ?

Kalo di tanya kenapa hanya Korea yang di permasalahkan?. Seperti di chapter awal, yaa ini sebenarnya tidak harus di titik beratkan pada Korea saja, melainkan apapun itu dalam bentuk peng-idolaan, apalagi kefanatikan. 

Kita hanya nyoba, untuk menggunakan Konsep dan perspektif Islam dalam kehidupan.

Yaaaaa mungkin balik lagi ke yang tadi, ada beberapa pecinta korea yang hijrah dan memang merasakan banyak persimpangan/banyak hal yang bertolak belakang dengan Islam.

Dan sebenarnya bukan cuman masalah Korea ini yang selalu menjadi fokus, apapun bentuk antisipasi bisa kita terapkan kok. Biar ga terlihat seolah rasis dan lain sebagainya.

Yang pasti semua ini bukan bentuk dari kebencian, melainkan peduli dan kasih sayang.

Atau mungkin karena apa yang disampaikan bertolak belakangan dengan apa yang temen-temen yakini,sukai. Maka semua jadi terasa tidak menyenangkan atau bahkan mengganggu.

Terganggu, dan selalu merasa terganggu karena semua pembahasan terdengar tidak menyenangkan

Balik lagi ke yang paling awalllllll. Chapter awal
Tulisan ini bukan berasal dari kebencian, tapi ingin sedikit menunjukan bahwa. "Ini loh, ada perspektif lain dari apa yang selama ini kamu sukai dan lakoni"


Justru tidak menutup kemungkinan bahwa dari para pecinta korea inilah kita jadi bisa tau dan lebih konsep Islam, salah satu aturan Islam. Tentang aturan menyukai Sesama manusia.


Bersambung ...........

No comments