Sharing Time : KOREA dan ISLAM

Korea dan Islam



Assalamu 'alaikum, ini lanjutan dari Chapter sebelumnya : (Hiburan atau Penipuan) Pendahuluan dan Disclaimer

Untuk temen-temen yang sudah lama suka tentang dunia Korea / Hallyu, apakah sudah tau juga tentang sejarah Islam di Korea ?

ini singkat aja yaaa........Yuk Kita Simak bareng-bareng 👀


Islam Di Korea

Siapa sangka bahwa Korea sudah lama mengenal dunia Islam, ada yang mengatakan Korea sudah banyak berinteraksi dengan dunia Islam itu sejak abad ke-7, lebih tepat nya di masa kerajan Silla :

Wikped :
Silla (tahun 57 Sebelum Masehi - 935 Masehi), sering kali diucapkan Shilla, adalah salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Silla bermula dari kerajaan kecil di Konfederasi Samhan. Pada tahun 660 Masehi Silla bersekutu dengan Dinasti Tang berhasil menaklukkan kerajaan Baekje serta Goguryeo pada tahun 668. Pada masa penyatuan ini sering kali disebut sebagai masa Silla Bersatu atau Silla Selanjutnya (Hu-silla) di mana wilayah kekuasaannya mencakup semua bagian Semenanjung Korea, sementara sebelah utaranya adalah wilayah kekuasaan kerajaan baru, yang merupakan penerus dari kerajaan Goguryeo, Balhae. Setelah hampir 1000 tahun, Silla terpecah menjadi negeri-negeri kecil yang mengantarkan Korea pada masa Tiga Kerajaan Akhir Korea, dan sampai pada akhirnya semuanya diserap oleh kerajaan baru, Dinasti Goryeo tahun 935.

Di masa itu Kaum muslimin sangat di pandang dan di perhatikan.

Abad ke 7 adalah masa ke emasan Islam, banyak muslimin yang jenius yang juga berpengaruh dalam perkembangan inovasi Korea.

Bahkan ada situs menyatakan tidak jarang lantunan ayat suci Al-Quran saat itu di gunakan sebagai sambutan-sambutan atau upacara-upacara kerjaan Dinasti Joeson. Ini membuktikan bahwa keberadaan Islam sangatlah di segani disana dan memiliki Hubungan yang erat dengan Korea saat itu.

Menurut Pakar budaya Islam terkemuka di Korea, dan Profesor di Departemen  Antropologi Budaya di Universitas Hanyang, Lee He Soo mengatakan bahwa awal mula terjadinya interaksi Korea dengan Dunia Islam itu di mulai dari jalur perdagangan atau Komersil.

Kaum muslimin yang berdagang melakukan perjalanan melalui jalur Sutera ke ibu kota Tang, Changan (yang saat ini dikenal dengan sebutan Xian), yang dimana kerajaan Silla memiliki hubungan politik dan bisnis yang erat.

Hingga akhirnya Hubungan Komersil antara Korea dan Dunia Islam berkembang menjadi hubungan budaya, seni, sains, dan teknologi. Kedua pihakpun menjaga dan selalu mempertahankan hubungan tersebut, terutama dalam komersil atau perdaganagannya.

Nahh dari sini, karena banyaknya interaksi di antara kedua belah pihak maka banyak pula warga Korea yang tertarik dan Penasaran dengan Islam, hingga tidak sedikit juga Islam tersebar di Korea ini.


Masa Kemunduran Islam di Korea

Kemunduran Islam disebabkan karena kerajaan Joeson yang dipimpin oleh Sejong Agung yang juga menerapkan dekreit untuk membatasi interaksi dan pencampuran budaya dari negara asing/luar. Penggunaan bahsa Arab mulai berkurang, penggunaan pakaian muslim mulai di batasi bahkan mungkin hampir tidak ada sama sekali, Semua ini di sebut dengan kebijakan Isolasionis.

Hingga akhirnya Islam mulai reda di Korea.. 


Kapan Islam kembali bangkit di negara tersebut ?

Singkatnya terjadilah penjajahan Korea oleh negara Jepang selama 1910 - 1945.

Selama itu Korea tidak dapat berbuat banyak selain merasakan sakitnya di tindas dan di eksploitasi.

Namun akhirnya Jepang angkat kaki dari Korea karena serangan Amerika (Bom Hirosima dan Nagasaki) pada tahun (Agustus 1945). Dan Akhirnya Korea berhasil merdeka dari jajahan pada 15 Agustus 1945. Beda 2 hari yaa dengan Prolakmasi kemerdekaan Kita (Indonesia 😄.)

Di tahun itu juga Korea terpecah menjadi dua kubu atau dua negara, yaitu Korea Utara (dengan Paham Komunis) dan Korea Selatan (Demokratis).

Nah,,,, karena terpecah antara Korea Selatan dan Korea Utara, kedua negara tersebut sering melakukan peperangan (1950), yang di sebut juga sebagai perang saudara. Disinilah Kesempatan Islam kembali mulai tersebar.


Awal Mula Islam Masuk Korea Selatan

Prolog: "Gimana bisa Islam kembali masuk ke Korea setelah sempat reda di jaman dinasti Joeson? mana bisa Pengisolasian membuat Islam bisa kembali tersebar?.... Ettt Itulah Islam, Dengan ijin Allah Islam bisa kembali tersebar 👀.

Jadi..... Islam kembali tersebar itu karena tentara Turki yang memberi bantuan dalam perang saudara (1950) Kepada Korea Selatan, banyak nya interaksi di antara mereka membuat korea kembali mengnal Islam. Seiring berjalannya waktu Islampun tersebar di Korea Selatan."

Lanjut ....
Pada tanggal 25 Juni 1950, Perang saudara dimulai ketika sekitar 75.000 tentara Korea Utara berbondong-bondong melintasi paralel ke-38, batas antara Republik Rakyat Demokratik yang didukung Uni Soviet di Utara, dan Republik Korea yang didukung Negara-negara barat di selatan. Invasi ini merupakan aksi militer pertama dalam perang dingin.

Pada bulan berikutnya, Tentara Amerika Serikat mulai diterjunkan ke medan perang untuk membela Korea Selatan. Pernyataan resmi dari pejabat AS, perang ini adalah sebuah perang perlawanan terhadap Komunisme Internasional. Setelah sekian lama baku hantam di daerah perbatasan, perang terhenti dengan Jumlah korban yang tidak terhitung.

Sementara itu, para pejabat AS berusaha keras mencoba berkomunikasi dengan Korea Utara untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata. Mereka Khawatir perang ini akan meluas hingga melibatkan Rusia dan China.

Akhirnya pada bulan Juli 1953, Perang Korea Berakhir. Sekitar 5 Juta tentara dan warga sipil kehilangan nyawa mereka selama perang.


Nah.. kapan tenatara Truki mulai kembali melebarkan sayap Islam.
Dalam Situasi itu, ketika Perang masih berlangsung, sebanyak 15.000 tentara Turki datang sebagai pasukan sukarela untuk Korea Selatan. Tentara Turki adalah tentara kedua terbesar setelah Amerika Serikat. Ketika perang berlangsung, Turki mendirikan banyak "Masjid Tenda" (Masjid yang terbuat dari tenda-tenda) yang pada awalnya di maksudkan untuk dijadikan tempat ibadah tentara Turki. Namun ternyata banyak juga orang-orang Korea Selatan yang masuk Islam Karena terpengaruh oleh para tentara Turki tersebut. Tenda masjid tersebut seringkali digunakan untuk proses syahadat. Masya Allah.

Peristiwa tersebut menjadi dasar bagi penyebaran Islam di Korea Selatan pada abad ke-20 atau sekarang lebih intens nya di sebut abad modern.

Di tahun pertama kedatangan Tentara Turki, penduduk Korea Selatan yang masuk Islam sudah mencapai 200 Jiwa. Setelah perang usai, banyak dari tentara Turki tersebut yang lebih memilih untuk tetap tinggal di Korea Selatan dengan misi untuk mengenalkan Islam kembali ke Korea Selatan setelah sekian lama terputus dari sejak Era Dinasti Joeson. Keterlibatan dan Upaya bantuan Turki di Korea selatan meninggalkan kesan yang begitu dalam bagi penduduk Korea Selatan, sehingga bukan hal yang aneh bagi Orang Korea Selatan untuk menggambarkan orang-orang Turki sebagai "Saudara Laki-laki" mereka.

Perkembangan Muslim di Korea pun semakin pesat, hingga akhirnya kaum muslimin di Korea Selatan sudah mencapai 3.000 jiwa. Masuk Tahun 1965, Agama Islam sudah dikenal luas, dan di tahun itu Juga Federasi Muslim Korea (KMF) didirikan di Soul.

Berdirinya KMF bukan hanya membawa kesempatan bagi kaum Muslim untuk menyebarkan Islam, namun juga  sebagai jalan untuk mendirikan masjid resmi pertama di negara tersebut. 

Tahun 1976 Masjid Sentral Korea didirikan di Itaewon, Soul.



Faktor lain yang membuat semakin bertambahnya penduduk korea masuk Islam adalah hubungan Ekonomi anatara Timur Tengah dan Korea Selatan yang berkembang Pesat dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 1970-an dan 1980-an, Sejumlah pekerja korea pergi ke Timur Tengah untuk membangun Infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Pertumbuhan pembangunan konstruksi di Timur Tengah yang sangat cepat membantu memicu pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan. Tidak sedikit dari para pekerja tersebut, sepulangnya mereka ke Korea Selatan telah memeluk Islam dan mulai mendakwahkannya.

Islam terus berkembang dan mendapatkan perhatian warga Korea Selatan, hingga pada akhirnya Islam tertimpa musibah. Stigma Negatif terhadap Islam mulai bertebaran di bumi ini (Termasuk Korea Selatan) akibat peristiwa 9/11 di New York .

Kepercayaan warga korea mulai berkurang terhadap kaum muslimin, tidak jarang juga terjadi penindasan, banyak pandangan-pandangan negatif yang di layangkan kepada Islam. Namun tidak sedikit juga warga Korea yang membela Islam.

Islam kembali naik turun, hingga saat itu Islam akan terus di Gaungkan di tanah Para Oppa tersebut. Islam akan terus tetap bersinar Insya Allah, Islam akan jaya di bumi Allah. Allahu Musta'an

Sekian Pembahasan Korea dan Islam, jika temen-temen Kurang Puas dan masih perlu tau lebih. Ada banyak ko artikel Kredible yang bahas tentang perkembangan Islam di Korea. Semangat mencari yaa !!😄

- -
Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang muslim untuk selalu menjaga nama baik Islam dan menyebarkan kebaikan Dinnul Islam

Apakah kita mampu menjaga Image Baik Islam ? 

: Bisa jika kita sungguh-sungguh, bisa jika kita saling percaya, bisa jika kita terus belajar, bisa JIKA KITA MAU !



Sekian... Bersambung ..............: Negeri Impian

No comments