DAJJAL SANG PENDUSTA YANG LUAR BIASA


                          
  Dajjal Sang Pendusta Yang Luar Biasa     oleh. Ustd Bilal Assad

Ad-Dajjal Artinya si pendusta, si penghianat,ilusionis. Dia mengatakan bahwa dirinya Nabi Isa a.s ketika pertama kali keluar. Di bible dan Yudaisme dia di sebut anti-Kristus. Jadi dia anti Kristus, menentang Isa a.s. Rasulullah Saw menyebutnya al-masih ad-Dajjal (Kristus si pembohong) artinya dia buka nabi Isa a.s yang sebenarnya, tapi dia akan membuat orang-orang berpikir ia sungguhan.

Ada beberapa tanda saat  mendekati Dajjal Akan keluar, Tanda lainnya adalah pria dari Arab akan datang sebagai nabi dan penduduknya akan mengusirnya dari tanah itu/akan menentangnya, Pria itu adalah Muhammad ﷺ.

Ada tanda lainya, dan Inilah tanda yang menunjukan dekatnya Dajjal, dia juga disebut al-masih bukan hanya karena matanya yang terhapus, tapi kata ‘Al-Masih’ dalam bahasa arab juga berarti ‘orang yang akan mengembara ke penjuru dunia.’ Dia akan kemanapun di seluruh dunia (dia akan menjangkau semua tempat di dunia) dia menaklukannya kecuali 2 (dua) tempat : Mekkah dan Madinah (Tiba/Yastrib), Al-Masih ad-Dajjal menyebutnya Tiba, Tiba artinya Madinah dan Mekkah.

Dia tidak akan bisa memasukinya, tapi dia akan sampai keperbatasan dan dia akan mencoba menipu orang-orang di dalamnya. Mereka yang pertama mengikutinya adalah Yahudi (Menurut Para Ulama), kenapa ? Karena kepercayaan orang yahudi dan Kristen maka mereka yang pertama mengikutinya. Para yahudi tidak percaya bahwa Isa a.s adalah nabi yang benar, meraka anggap dia nabi palsu. Mereka hanya percaya pada Musa dan nabi sebelumnya, mereka percaya Musa a.s adalah nabi terakhir.

Ketika Isa a.s datang, mereka mengatakan dia nabi palsu, bahkan mereka mencoba membunuhnya. Ketika Nabi Muhammad ﷺ datang, dia cocok dengan penjelasan dalam Taurat  mereka. Tapi mereka menolaknya karena Beliau ﷺ dari bangsa Arab, maka mereka tidak mau menerimanya.

Jadi mereka membuat hukum mereka sendiri dan berkata… “Kami masih menunggu akan nabi yang akan datang, Yesus yang benar.” Dan Dajjal akan datang dan berkata “Aku Yesus Kristus.” Dan mereka menyukainya lalu mereka mengikutinya.

Mereka akan mengikutinya, dan umat Kristen akan mengikutinya karena mereka percaya seperti yang dikatakan Bible bahwa Kristus akan kembali. Kita juga (Umat Islam) percaya bahwa Isa A.s akan kembali, Tapi Rasulullah ﷺ memberitahu kita bahwa ad-Dajjal akan datang barulah Isa a.s (Isa a.s datang setelah Dajjal keluar).

Umat Yahudi dan Kristen pun diberitahu tentang ini tapi jadi salah, karena kitab mereka telah rusak. Jadi Dajjal akan keluar dan berkata, “Akulah Kristus/ Isa a.s.” dan dia akan melakukan ke ajaiban-keajaiban, itulah alasan mengapa mereka mempercayainya.

Jadi dia akan keluar,  dan Allah akan memberinya kekuatan. Rasulullah SAW memberitahu kita bahwa dia memiliki kemampuan/kekuatan untuk memerintahkan awan menurunkan hujan dimanapun dia mau, untuk memerintahkan tanah agar subur dimanapun ia mau. Dia akan melintasi bukit dan dia bisa menyuruh emas dan harta karunya agar keluar dan mengikutinya.

Seiring berjalanya waktu dia akan berkata, “Aku Tuhan.” Umat Kristen mudah percaya dia sebagai Tuhan, karena mereka sudah percaya Isa a.s sebagai Tuhan. Dan orang yahudi atau orang-orang Yahudi sebagian dari mereka tidak percaya bahwa dia Tuhan, lalu mereka berkata, “Apa buktinya kau Tuhan? Hanya Tuhan yang bisa membangkitkan orang mati.” Dan Dajjal berkata, “Bagaimana jika kubangkitkan orangtuamu dari mati?” mereka menjawab “Ya. Kami percaya kau Tuhan.”, Jadi dia akan memerintah para jin dan setan untuk bekerja dan menyamar untuk menjadi seakan-akan orang tua mereka dan berbicara pada orang-orang.

Jadi orang non-Muslim dan Muslim akan mengikutinya. Dan jika kita melihat Dajjal, pergilah ke arah lan, kita tidak bisa melawannya. Tapi al-mahdi dan pasukannya akan melawan pasukan Dajjal, Insya Allah jika kita hidup sampai masa itu kita akan melawan sekumpulan dari pasukan mereka dimanapun mereka menyerang Muslim.

Dajjal sendiri tidak akan mengangkat pedang dan memaksa orang untuk mengikutinya, melainkan dia akan mempengaruhi mereka. Jika kau tidak mengikutinya, dia akan meninggalkanmu dengan kemiskinan yang benar-benar miskin, dan itulah mengapa orang dapat terpengaruh untuk mengikutinya.

Di antara umat Muslim ada banyak yang mengikutinya, dan di antara wanita juga banyak, tapi hanya yang paling kuat yang selamat di masa itu. Rasulullah ﷺ bersabda  bahwa ujian Dajjal adalah di antara yang paling berat., “Selama antara penciptaan Adam dan terjadinya kiamat tidak ada satu makhlukpun yang lebih besar dari Dajjal.” (HR. Shahih Muslim : 2946).

Lihatlah keadaan kita sekarang, tanda-tanda Dajjal apa yang mewakili Materialisme, dan ini sudah tertanam di banyak hati umat Muslim. Dan sudah banyak muslim yang mengubah jalan mereka . *Alhamdulillah tidak semua.

Jadi bayangkan jika dia benar-benar muncul dalam bentuk sesungguhnya. Ini akan jadi ujian besar. Rasulullah ﷺ bersabda “Jika dia datang, sedang aku masih ada di tengah-tengah kalian, niscaya aku akan menghadapinya sebagai pembela kalian. Namun jika dia datang, sedang aku sudah tidak di tengah-tengah kalian, maka setiap orang menjadi pembela dirinya sendiri, dan Allahlah Dzat pelingdung bagi setiap muslim setelah sepeninggalanku.”

Ad-Dajjal akan hidup selama 40 Hari dan hari pertama akan selama setahun, hari kedua seperti sebulan, hari ketiga seperti seminggu, dan hari- hari berikutnya normal.


Dan akan ada seorang pria yang akan melakukan seseuatu. Rasulullah ﷺ bersabda, “Aku mengenalnya, dan dia orang terbaik di hari itu.” . dia akan keluar memperingati orang-orang, “Dia bukan Tuhan, dia Dajjal” dan mereka berkata, “Apa katamu tentang tuhan kami?” jadi mereka membawanya ke hadapanya. Dan dia(Dajjal) berkata, “Aku tuhanmu, lihat yang dapat kulakukan.” Pemuda itu berkata, “Kau pendusta dan Rasulullah SAW bersabda tentangmu.”.  Lalu dia akan membawa gergaji dan menggergaji pemuda tadi menjadi dua, dan dia akan berjalan di antara kedua bagian tubuhnya, dan orang itu akan dibangkitkan dan hidup lagi oleh Dajjal. Dan Rasulullah SAW memberitahu kita bahwa Dajjal hanya bisa melakukannya sekali.

Dan dajjal berkata, “Sekarang kau percaya aku Tuhan?”. Dan pemuda itu berkata, “Sekarang aku makin percaya bahwa kau bukan Tuhan, tapi kau sebenarnya Dajjal, karena kau tidak misa melakukan ini kedua kalinya.” Dan dia akan melemparkannya ke dalam api. Rasulullah SAW memberitahu kita bahwa dia punya sesuatu yang terlihat seperti api dan seperti air.


Dari Abu Hurairah diriwayatkan secara marfu’, “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang Dajjal yang belum pernah diceritakan oleh seorang nabi pun kepada kaumnya ?” Sungguh dia sebelah matamya buta. Dia membawa permisalan surge dan neraka. Maka yang dia katakana surge adalah neraka. Dan sungguh yang aku peringatkan kepada kalian ini, persis seperti yang diperingatkan Nuh kepada Kaumnya.” (Muttafaqun ‘alaih).

Hal yang paling berbahaya yang akan dimiliki Dajjal adalah penipuan Psikologis. Dia tidak menghancurkan atau mengambil alih kekuasaan di dunia dengan senjata, pemusnah massal atau semacamnya. Dia mengambil alih dengan perang Psikologis.

Dan di zaman apa kita sekarang ? perang apakah yang paling berbahaya di zaman sekarang ?. Bukan perang darah dan kehancuran, melainkan perang ideology yang kita hadapi sekarang. Kita bisa saja hidup di Negara paling damai, tapi melalui internet dan TV pemuda-pemuda muslim kita di  hancurkan secara mental, secara psikologis.

Kita sekarang di zaman yang bisa di sebut perang psikologi yang rumit dan terbaik yang di campur penipuan lainya. Ketika melihat yang jahat dan kita berfikir itu bagus, dan dia datang kepadamu dengan senyumnya. Dan pemuda kita berpikir itu baik-baik saja, sampai agama dilihat sebagai pengekangan dan bukan sebuah penjaga.

Hal yang di ajarkan Rasulullah ﷺ untuk menyelamatkan kita dari Dajjal; yang pertama adalah Ilmu tentang Dajjal, mengikuti sunnah Rasulullah SAW, dan belia bersabda, “Bacalah 10 ayat pertama surat al-Kahfi.” 10 ayat pertama surat Al-Kahfi akan menjagamu, Allah akan memberi kita kekuatan jika di bacakan ketika dia datang. Entah itu kekuatan di pikiran atau kecerdasan.

Surat Al-Kahfi memainkan peran penting dalam kedatangan Dajjal. Mereka yang membaca surat Al-Kahfi, akan melihat banyak pelajaran yang terkandung di dalamnya dan bahkan seolah benar-benar membahas zaman kita sekarang, misalnya “Anak-anak dan kekayaan adalah perhiasan kehidupan dunia dan ia akan merenggut hati kebanyakan manusia.” Ia memberi pelajaran tentang manusia yang materialistic dan yang tidak membacakan Surat Al-Kahfi berkemungkinan akan sangat berfokus pada materialism , sangat berfokus pada kesombongan akan Ilmu, mereka yang berfikir banyak ilmu padahal tidak tahu apa-apa.

Misalnya kisah antara pria yang shaleh berkata kepadanya “Alhamdulillah atas kebun ini.” Lalu orang yang angku itu berkata “ini aku dapat dari ilmuku sendiri, bukan karena Tuhan, dan jika aku mati, aku akan perhi ke surge karena Tuhan Maha Penyayang..”

Jadi ketika membaca surat Al-Kahfi dan berkenaan dengan Dajjal, kau akan menemukan surat Al-Kahfi memainkan peran penting untuk memberimu pemahaman akan  situasi keadaan dunia di zaman sekarang. Bacalah dan coba pahami, maka kita akan melihat Ia membahas system dunia sekarnag, bagaimana dunia berjalan sekarang.

No comments