KISAH ORANG YANG DICINTAI OLEH ALLAH KARENA KECINTAANNYA KEPADA SAUDARANYA


KISAH ORANG YANG DICINTAI OLEH ALLAH KARENA KECINTAANNYA KEPADA SAUDARANYA

Ini  adalah  kisah  seorang  laki-laki  yang  pergi  dari negerinya  ke  negeri  lain.  Dia  tidak  mempunyai  tujuan kecuali  hanya  untuk  mengunjungi  saudaranya  fillah(seagama) yang tinggal di negeri yang ditujunya itu. Lalu Allah  mengutus  seorang  Malaikat  di  jalannya  yang menjelma  dalam  wujud  seorang  laki-laki  untuk menyampaikan  kecintaan  Allah  kepadanya  karena  dia mencintai saudaranya.

NASH HADIS
Muslim  meriwayatkan  dalam  Shahih-nya  dari  Abu Hurairah  dari  Nabi ﷺ bersabda,  "Ada  seorang  laki-laki mengunjungi  saudaranya  di  desa  lain,  lalu  Allah mengutus  seorang  Malaikat  untuk  mengawasinya  di jalannya.  Ketika  Malaikat  itu  tiba,  dia  bertanya,  'Kamu mau  kemana?'  Laki-laki  itu  menjawab,  'Aku  akan  ke saudaraku di desa ini.' Malaikat bertanya, 'Adakah nikmat yang akan kamu kembangkan dengannya?' Dia menjawab,'Tidak,  hanya  karena  aku  mencintainya  fillah.'  Malaikat berkata,  'Aku  adalah  utusan  Allah  kepadamu  untuk menyampaikan  bahwa  Allah  telah  mencintaimu sebagaimana kamu telah mencintainya."

TAKHRIJHADIS
Diriwayatkan oleh Muslim dalam  Kitabul Birri was Shilah wal  Adab, bab  keutamaan  cinta  karena  Allah,  4/1988, no. 2567.

PENJELASAN HADIS
Ini  adalah  kisah  seorang  laki-laki  yang  meninggalkan desanya  untuk  pergi  ke  desa  lain.  Dia  tidak  memiliki keperluan  dan  kepentingan  lain,  hanya  sekedar  hendak mengunjungi  saudaranya  yang  dicintainya  karena  Allah. Dan cinta karena Allah merupakan salah satu sifat iman. Rasulullah  telah  memberitahukan  bahwa  orang-orang yang  saling  mencintai  karena  Allah,  mereka  berada  di atas  mimbar-mimbar  dari  cahaya  pada  hari  Kiamat  di mana  para  Nabi  dan  Rasul  dan  para  syuhada  iri  kepada mereka karena kedekatan mereka kepada Allah. Kepada orang yang pergi untuk mengunjungi saudaranya ini Allah mengutus seorang Malaikat yang menjelma dalam wujudseorang  laki-laki  yang  bertanya  kepadanya  tentang maksud  dan  tujuannya  serta  alasan  dia  pergi  dari desanya.  Laki-laki  ini  mengatakan  bahwa  dia  ingin mengunjungi  saudaranya  fillah dan  yang mengumpulkannya dengannya hanyalah kecintaan karenaAllah.

Lalu  Malaikat  menyampaikan  bahwa  Allah mengutus  dirinya  kepadanya  untuk  menyampaikan bahwa  Allah  mencintainya  sebagaimana  dia  mencintai saudaranya karena Allah. Dan barangsiapa yang dicintai oleh  Tuhannya,  maka  dia  telah  berbahagia di dunia dan di Akhirat.

PELAJARAN-PELAJARAN DAN FAEDAH-FAEDAH HADIS
1.  Keutamaan  mencintai  karena  Allah  dan  saling berkunjung karena Allah. Allah mencintai laki-laki ini karena  kecintaannya  kepada  saudaranya  dan kepergiannya kepadanya untuk mengunjunginya.

2.  Anjuran bepergian untuk mengunjungi saudara fillah.

3.  Kadang  Allah  mengutus  seorang  Malaikat  kepada seseorang  untuk  menyampaikan  sesuatu,  di  mana yang bersangkutan bukanlah Nabi atau Rasul.

4.  Malaikat  mampu  menjelma  dalam  wujud  manusia. Malaikat  yang  menemui  orang  ini  tampak  dalam wujud manusia, tidak dalam bentuk Malaikat.

5.  Keutamaan ikhlas. Laki-laki ini memperoleh apa yangdia  peroleh  karena  kecintaanya  kepada  saudaranya fillah, bukan  karena  jasanya  kepadanya  atau kepentingan mereka berdua.

No comments