Filsafat Muslim :Filsafat ibn-Bajjah TUHAN SUMBER PENETAHUAN



Tuhan Sumber Pengetahuan

Mengenai rahmat Tuhan, yang lewat rahmat tersebut unsur rasional mengenali perbedaan-pernbedaan, seorang manusia melebihi manusia lainnya, dan hal itu sesuai dengan kapasitas yang telah dikaruniakan Tuhan kepadanya.

Tapi kedua rahmat ini merupakan pembawaan sejak lahir, bukan diupayakan. Kapasitas dan rahmat yang mesti diupayakan bukanlah pembawaan sejak lahir, dan keduanya diperoleh dengan melakukan apa-apa yang dapat sesuai dengan kehendak Tuhan, di bawah bimbingan para Nabi.

Oleh karena itu, manusia harus menyambut seruan Nabi Suci dan melaksanakan apa yang diperintahkannya. Dengan begitu dia dapat melihat lewat wawasan hatinya sifat setiap makhluk, asal mulanya dan ketentuan akhirnya.

Dengan begitu pula, dia dapat mengetahui bahwa Tuhan merupakan suatu kemaujudan mesti dengan sendirinya, tunggal, tidak bersekutu dan pencipta segalanya bahwa segala selain Dia ada yang menyamai dan berasal dari esensi sempurna-Nya bahwa pengetahuan diri-Nya meliputi pengetahuan-Nya tentang semua obyek dan bahwa pengetahuan-Nya tentang semua obyek itu merupakan sebab mewujudnya obyek-obyek tersebut.

Untuk mencapai kedekatan dengan Tuhan, ibn Bajjah menasehati kita untuk melakukan tiga hal:

(1) membuat lidah kita selalu mengingat Tuhan dan memuliakan-Nya,
(2) membuat organ-organ tubuh kita bertindak sesuai dengan wawasan hati, dan
(3) menghindari segala yang membuat kita lalai mengingat Tuhan atau membuat hati kita berpaling dari-Nya. Ini semua mesti dilaksanakan terus-menerus sepanjang hidup.

No comments