Syair dan Do'a Menyentuh dari Abu Nawas : I'Tiraf (Sebuah Pengakuan)



Do'a Menyentuh Abu Nawas (I'Tiraf)




.... I'Tiraf ....



 إِلهِي لََسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاَ # وَلاَ أَقوى عَلَى النّارِ الجَحِيم

  • Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan , wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi
Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim.




فهَبْ لِي تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذنوبِي # فَإنّكَ غَافِرُ الذنْبِ العَظِيْم

  • Fa hablii taubatan waghfir zunuubii , fa innaka ghaafirudzdzambil ‘azhiimi
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar.




ذنوبِي مِثلُ أَعْدَادٍ الرّمَالِ # فَهَبْ لِي تَوْبَةً يَاذَاالجَلاَل

  • Dzunuubii mitslu a’daadir rimaali , fa hablii taubatan yaa dzaaljalaali
Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.



وَعُمْرِي نَاقِصٌ فِي كُلِّ يَوْمٍ # وَذنْبِي زَائِدٌ كَيفَ احْتِمَالِي

  • Wa ‘umrii naaqishun fii kulli yaumi , wa dzambii zaa-idun kayfah timaali
Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.




إلهي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ # مُقِرًّا بِالذنوبِ وَقَدْ دَعَاك

  • َIlaahii ‘abdukal ‘aashii ataaka , muqirron bidzdzunuubi wa qad da’aaka
Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada-Mu.




َ
فَإِنْ تَغْفِرْ فَأنْتَ لِذاك أَهْلٌ # فَإنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاك

  • Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlun , wa in tathrud faman narjuu siwaaka
Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau ?
Gambar : Link

No comments