Filsafat Muslim : Karya Al Kindi (185 H/801M – 260 H/873 M)


Karya Karyanya (Al-Kindi)






Sebagian besar karya al-Kindi (berjumlah sekitar 270 buah) hilang.

Ibn al-Nadim dan yang mengikutinya, al-Qifti, mengelompokkan tulisan-tulisan al-Kindi, yang kebanyakan berupa risalah-risalah pendek, menjadi tujubelas kelompok:

(1) filsafat (2) logika, (3) ilmu hitung, (4) globular, (5) musik, (6) astronomi, (7) geometri, (8) sperikal, (9) medis, (10) astrologi, (11) dialektika, (12) psikologi, (13) politik, (14) meteorologi, (15) dimensi, (16) benda-benda pertama, (17) spesies tertentu logam dan kimia, dan lain-lain.


Baca Juga : Filsafat Jiwa Ibnu Sina

Gambaran ini menunjukkan betapa luas pengetahuan al-Kindi. Beberapa karya ilmiahnya telah diterjemahkan oleh Gerard dari Cremona ke dalam bahasa Latin, dan karya-karya itu sangat mempengaruhi pemikiran Eropa pada abad pertengahan. Cardona menganggap al-Kindi sebagai salah satu dari dua belas pemikir terbesar.

Baca : Filsafat Menurut Al-Kindi

Sarjana-sarjana yang mempelajari al-Kindi, sampai risalah-risalah al-Kindi yang berbahasa Arab ditemukan dan disunting, semata berdasarkan terjemahan bahasa Latin. De Medicinarum Compositarum Gradibus-nya telah diterbitkan pada tahun 938 H/1531 M. Pada tahun 1315 H/1897 M Albino Nagy menyunting terjemahan-terjemahan abad pertengahan karya-karya L De Intellectu, De Sommo et visione, De quinque esentilis, Liber intro ductorius in artem Logicae demontractionis.


Baca : Mengenal Al Kindi

Semenjak ditemukannya beberapa naskah berbahasa Arab-nya, cakrawala baru filsafat al-Kindi tersibak. Sebua ikhtisar yang berisikan 25 risalah, ditemukan di Istanbul oleh Ritter. Kini risalah-risalah itu telah disunting oleh beberapa sarjana, Walzer, Rosenthal, Abu Ridah, dan Ahmad Fuad El-Ehwany. Beberapa risalah pendeknya yang lain nditemukan di Aleppo, meski hingga kini belum disunting.

Dengan demikian, hingga batas tertentu, memungkinkan analisa terhadap filsafat al-Kindi, dengan berpijak pada landasan-landansan yang lebih kurang kukuh.

...... ... ... ...

Buku : History Of Muslim Philosphy
Suntingan : M.M Syarif M.A
Penerbit : Mizan
Tahun : Cetakan Ke VII 1994

No comments