Kesimpulan Dari Teori Filsafat Al - Farabi





Kesimpulan

Sekarang dapat kami simpulkan bahwa doktrin al-Farabi sangat selaras dan konsisten, tiap-tiap bagiannya benar-benar saling berkait. Dari Yang Esa, Sebab Pertama, al-Farabi terus menuju ke sepuluh intelegensi, yang darinya dua dunia langit dan bumi memancar.

Lingkungan-lingkungannya digerakkan oleh intelegensi-intelegnsi yang mengaturnya, dan alam dengan pertumbuhan dan kehancurannya, terkena intelegensi-intelegensi ini, yaitu intelegensi agen. Begitu pula politik dan etika, karena kebahagiaan yang dituntut oleh manusia tak lain hanyalah berhubungan dengan dunia langit “Kota Model”-nya hanyalah dimaksudkan untuk ini.

Ajaran ini pada waktu yang sama bersifat spiritualistis dan idialistis, karena al-Farabi hampir memandang segala sesuatu sebagai jiwa.

Tuhannya adalah Jiwa dari segala Jiwa, lingkung-lingkung astronominya diatur oleh jiwa-jiwa langit, dan pangeran kotanya adalah seorang yang jiwanya mengatasi tubuhnya.

Spiritualisme ini berakar pada gagasan-gagasan dan konsepsi-konsepsi, dan secara keseluruhan untuk dispekulasikan dan direnungkan. Yang Esa adalah gagasan tiada tara dan Akal yang mengakali diri. Kemaujudan-kemaujudan lainnya disebabkan oleh akal ini. Melalui spekulasi dan perenungan, manusia dapat berhubungan dengan dunia langit dan memperoleh kebahagiaan sempurna. Tak spiritualisme pun berkait erat dengan idealisme kecuali spiritualisme al-Farabi.

Meskipun doktrin al-Farabi merupakan pencerminan Abad-abad Pertengahan, tetapi ia mengandung gagasan-gagasan modern dan kontemporer. Ia senang terhadap ilmu pengetahuan, menganjurkan eksperimen dan menolak peramalan dan astrologi. Ia mempercayai sepenuhnya sebab-akibat dan takdir, sehingga ia mengakui adanya sebab-sebab, meskipun terhadap efek-efek yang tak jelas sebabnya. Ia mengangkat akal ke tingkat yang sedemikian suci, sehingga ia terdorong untuk mendamaikannya dengan tradisi sehingga tercapai kesesuaian antara filsafat dan agama.

... ... ... ... ...

Buku : History Of Muslim Philosphy
Suntingan : M.M Syarif M.A
Penerbit : Mizan
Tahun : Cetakan Ke VII 1994

No comments